Tur Wales Utara

Betws-y-Coed adalah resor pedalaman paling populer di Wales Utara.

Di sinilah Sungai Conwy bertemu dengan tiga anak sungainya yang mengalir dari barat, Llugwy, Lledr, dan Machno.

Sebagian besar dibangun pada zaman Victoria dan merupakan desa utama di Taman Nasional Snowdonia.


Terletak di lembah yang indah di Taman Hutan Snowdonia, tempat ini sangat ideal untuk liburan aktivitas luar ruangan. Banyak toko kerajinan dan aktivitas luar ruangan berada di desa dengan Air Terjun Walet yang populer di dekatnya.


Ini memiliki pengaturan yang indah dikelilingi oleh hutan lebat dan negara pegunungan yang megah hanyalah sebagian dari jawabannya.

Keindahan daerah ini diperkuat dengan air terjun yang mengalir, danau di puncak bukit, kolam sungai, dan jembatan kuno.

Sejak seniman Victoria berbondong-bondong ke daerah tersebut dan membentuk koloni seniman pertama, tempat ini telah menjadi kiblat bagi mereka yang menghargai keindahan alamnya yang unik.


Jalan utama, Holyhead Road, memiliki banyak penginapan dan tempat tidur-dan-sarapan.

Toko-toko yang mengkhususkan diri pada pakaian luar ruangan dan pusat wisata menyediakan peta dan saran untuk perjalanan sehari di daerah tersebut.

Di stasiun kereta api terdapat Museum dengan miniatur rel kereta api, toko, dan restoran.

Gereja St Michael's abad ke-14 yang lama adalah salah satu yang tertua di Wales dan layak untuk dilihat.

Yang sangat menarik adalah banyaknya jembatan di daerah tersebut. Pont-y-Pair (jembatan kuali), dibangun pada tahun 1468, diterpa air berbusa setelah hujan lebat.

Sejumlah jalan setapak yang ditandai di pedesaan sekitarnya dimulai di dekat jembatan ini.

Sekitar satu mil jauhnya adalah Jembatan Penambang, di jalan menuju Capel Curig, tempat para penambang menyeberangi sungai dengan tangga curam menuju tempat kerja mereka.


Jembatan Waterloo besi Thomas Telford yang dibangun pada tahun 1815, yang membawa A5 melintasi Sungai Conwy, bertuliskan besi tuang "Lengkungan ini dibangun pada tahun yang sama dengan pertempuran Waterloo". Yang juga patut dikunjungi adalah Conwy Falls yang mengagumkan di luar jalan menuju Pentrefoelas dan Fairy Glen yang indah di luar A470 di mana Sungai Conwy mengalir melalui ngarai yang sempit.


Sejarah Lokal


Manusia Zaman Batu tinggal di daerah tersebut dan bertanggung jawab atas Ruang Pemakaman Neolitik di Capel Garmon.

Selama Zaman Perunggu (sekitar 2000 SM) Orang-orang Gelas Kimia yang berasal dari Spanyol berlayar ke Inggris, membawa serta pengerjaan logam, meskipun mereka tidak menembus ke daerah pegunungan yang tetap menjadi cagar alam orang-orang Neolitik.

Bangsa Celtic tiba dari Eropa Tengah sekitar 600 SM memperkenalkan penggunaan perunggu dan kemudian pengerjaan besi.

Mereka mengembangkan alat-alat yang membawa perbaikan di bidang pertanian dan selama periode ini akar kehidupan dan budaya khas Welsh dapat dideteksi.

Bangsa Celtic ini dikenal sebagai orang Inggris.


Bangsa Romawi menginvasi Inggris pada tahun 43 M dan pada tahun 78 M penaklukan Wales selesai.

Kehidupan orang-orang Celtic tidak terlalu terpengaruh di daerah tersebut karena sebagian besar orang Romawi terkurung di benteng bukit dan jalan mereka.

Namun orang Romawi meninggalkan warisan praktik pertanian yang lebih baik (termasuk pengenalan domba) dan teknologi pertambangan ketika mereka meninggalkan Wales pada tahun 383 M, serta memperkenalkan agama Kristen.


Setelah orang Romawi pergi, sebagian besar Inggris dikuasai oleh Anglo-Saxon pagan dan lainnya dari benua itu, dan orang-orang Pict Skotlandia dan Irlandia juga menyerang orang Inggris Celtic.

Ini adalah periode Legenda Arthurian, tetapi daerah di sekitar Snowdonia tetap menjadi benteng Celtic, meskipun Welsh terpisah dari sepupu Celtic mereka di Cornwall dan Cumbria.


Wilayah tersebut merupakan bagian dari Kerajaan Gwynedd yang meliputi Wales barat laut, meskipun perbatasannya berubah tergantung pada kekayaan penguasanya pada saat itu.

Meskipun Inggris ditaklukkan oleh Normandia pada tahun 1066, Wales tidak berhasil ditaklukkan selama lebih dari 200 tahun dan selama periode inilah banyak kastil dibangun seperti Dolwyddelan oleh Welsh dan Conwy oleh Normandia.


Selama waktu ini Wales mungkin paling kuat ketika Gwynedd berada di bawah kekuasaan Llewelyn ap Iorwerth juga dikenal sebagai Llewelyn Fawr (Llewelyn Agung).

Ia lahir di Dolwyddelan, berhasil menyatukan Wales ketika Raja John naik takhta Inggris dan memiliki banyak hubungan dengan daerah ini.


Dengan penaklukan terakhir Wales oleh Edward I, dan kematian Llewelyn ap Gruffudd, Pangeran Wales (cucu Llewelyn Fawr) pada tahun 1283, Wales diperintah oleh Inggris.

Ini adalah pemerintahan Celtic terakhir sampai ramalan Merlin menjadi kenyataan dan Tudor Welsh naik takhta Inggris.


Selama periode Tudor, undang-undang yang mendiskriminasi orang Welsh dicabut yang menyebabkan keluarga lokal menjadi terkenal seperti keluarga Wynns dari Gwydir.


Ekonomi lokal didasarkan pada pertanian, dan pada abad ke-19 penggalian batu tulis dan pabrik wol dikembangkan.

Tambang batu tulis sekarang ditutup, tetapi pertanian terus menjadi andalan perekonomian bersama dengan pariwisata yang berkembang di zaman Victoria.

Di perbukitan di dekat Capel Garmon terdapat cromlech yang terkenal; ruang pemakaman Neolitik berusia 5.000 tahun. Ada juga pemandangan pegunungan Snowdonia yang spektakuler dari Capel Garmon.


Air Terjun Walet


Swallow Falls dianggap sebagai salah satu tempat terindah di Wales Utara.

Di sini sungai mengalir deras dari pegunungan.

Tebing dan bebatuan bergerigi membagi aliran menjadi beberapa aliran berbusa.

Satu mil lebih jauh adalah Swallow Falls yang terkenal, di mana sungai Llugwy mengalir ke jurang yang spektakuler.


Masakan lokal


Berikut ini adalah kutipan dari Situs Web Turis Amerika, di mana pengunjung memposting pengalaman pribadi mereka mengunjungi Inggris. Yang ini tentang Betwy-y-Coed:

'Bersepeda panjang atau mendaki di udara Welsh yang dingin, terkadang dengan gerimis ringan sebagai pengiring, akan membantu wisatawan yang sadar diet memahami mengapa masakan tradisional Welsh sangat bergantung pada mentega dan keju.


Welsh rarebit-hidangan yang terdiri dari saus keju dengan mustard tang yang dituangkan di atas roti panggang yang diolesi mentega - mungkin terdengar seperti hidangan berat untuk makan siang, tetapi tampaknya alami di iklim Welsh.

Anda dapat mencoba rarebit di Tu Hwnt I'r Bont, sebuah pondok batu abad ke-15 di Llanwrst, di sisi lain Hutan Gwydyr dari Betws-y-Coed.


Kedai teh, yang terletak di tepi sungai, setinggi atap hingga jalan raya, disiapkan untuk turis: Balok langit-langitnya yang gelap dan rendah memperingatkan pengunjung untuk "memperhatikan kepala Anda" dalam bahasa mulai dari bahasa Jerman hingga bahasa Arab.


Masakan Welsh, yang diakui penduduk setempat dulu berat dan sarat dengan daging berlemak, baru-baru ini menjadi lebih halus.


Sosis Glamorgan di Riverside restaurant di Betws, misalnya, disajikan dengan saus tomat chunky yang ringan dengan aksen daun bawang.

Sosis Glamorgan disebut-sebut sebagai hidangan vegetarian asli, yang dibuat oleh orang Welsh dari sayuran dan keju pada saat daging mahal atau langka.

Bagi mereka yang tidak bosan dengan produk susu, teh sore disajikan dengan bara brith yang diolesi mentega, roti tawar yang mirip dengan - tetapi lebih ringan dari-kue buah. ’


Budaya Welsh


Pengunjung Betws-y-Coed, seperti kota-kota lain di Wales Utara, akan mendengar penduduk setempat berbicara bahasa Welsh. Croeso yang hangat ini, atau selamat datang, merupakan bagian dari budaya Welsh-diekspresikan melalui rambu dwibahasa yang menyambut turis di setiap kota kecil.


Di masa lalu, bahasa Inggris melarang bahasa Welsh tetapi tetap hidup melalui nyanyian, pembacaan, dan penceritaan yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari Welsh. Perkembangan Majelis Nasional Wales baru-baru ini telah menghasilkan rasa identitas nasional yang meningkat, memungkinkan orang asing memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan budaya Welsh .


Capel Curig


Di jantung Taman Nasional, desa pegunungan yang terjal ini adalah kiblat untuk mendaki dan berjalan-jalan di Snowdonia. Dikelilingi oleh Glyders, Moel Siabod, dan kaki pegunungan Carneddau, Capel Curig adalah rumah bagi Plas-y-Brenin-pusat kegiatan pegunungan nasional. Juga di Capel Curig adalah Ty Hyll (Rumah Jelek), dinamakan demikian karena bongkahan batu besar yang tidak rata di dindingnya. Sekarang menjadi rumah Masyarakat Snowdonia.


By biro traveloka

Comments

Popular Posts